Sunday, March 15, 2020

Perubahan Dalam Aspek Politik Masa Kolonial Barat

Kejayaan kerajaan-kerajaan masa sebelum kedatangan bangsa Barat satu persatu mengalami kemunduran hingga keruntuhan. Pada masa kerajaan, rakyat diperintah oleh raja yang merupakan bangsa Indonesia, kemudian pada saat pemerintahan kolonial Barat, rakyat diperintah oleh bangsa Asing.
kerajaan masa sebelum kedatangan bangsa Barat satu persatu mengalami kemunduran hingga ker Perubahan Dalam Aspek Politik Masa Kolonial Barat
Source: Pihak Ketiga
Kekuasaan bangsa Indonesia untuk mengatur bangsanya semakin berkurang ataupun hilang, digantikan dengan kekuasaan bangsa Barat. Perubahan tersebut yang paling krusial untuk diperjuangkan. Tanpa kemerdekaan, bangsa Indonesia sulit untuk mengatur dirinya sendiri.

Perubahan dalam sistem politik juga terjadi dengan dikenalnya sistem pemerintahan baru. Pada masa kerajaan dikenal raja & bupati. Sementara itu pada masa pemerintahan kolonial Barat dikenal gubernur Jenderal, Residen, Bupati, & seterusnya. Para penguasa kerajaan menjadi kehilangan kekuasaannya, digantikan dengan kekuasaan pemerintah kolonial Barat.

Terbentuknya pemerintahan Hindia Belanda yang terpusat di satu sisi menguntungkan bangsa Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda yang terpusat mengakibatkan hubungan yang erat antara rakyat Indonesia dari berbagai daerah. Munculnya perasaan senasib & sepenanggungan dalam cengkraman Hindia Belanda.

Munculnya berbagai organisasi pergerakan nasional tidak lepas dari ikatan politik Hindia Belanda. Sebelum masa penjajahan Hindia Belanda, masyarakat Indonesia dibatasi oleh sistem politik kerajaan. Terdapat puluhan kerajaan diberbagai daerah di Indonesia. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, berbagai daerah itu disatukan dalam satu Indentitas, yakni Hindia Belanda.