Thursday, January 16, 2020

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part-4

Tulisan ke-4 Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya ini, merupakan bagian terakhir yang berbentuk essay/uraian. Tentunya berbeda dengan soal USBN Biologi bagian pertama sampai ketiga (soal nomor 21-35) yang berbentuk pilihan ganda/PG.

Berikut, contoh soal USBN Biologi SMA beserta jawabannya, dimulai dari soal nomor 36.

36. Banyak perubahan lingkungan disebabkan oleh aktifitas manusia yang tidak selaras dengan alam, salah satu akibatnya adalah lingkugnan yang tercemar. Jelaskan 3 kegiatan manusia yang dapat menanggulangi pencemaran air !.
Jawaban: 
a. mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.
b. Tidak membuang sampah ke sungai.
c. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga.
d. Melakukan penyaringan  limbah pabrik sebelum ditampung
e. Melakukan penetralan limbah sebelum dibuang ke sungai
f. Menjaga  sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar.

37. Perhatikan gambar grafik siklus menstruasi berikut.

a. Identifikasi nama dan fungsi dari bagian yang diberi label 1 sampai dengan 4 !
b. Jelaskan proses yang berlangsung pada bagian yang diberi label X!
Jawaban:

a. 
1) Hormon Estrogen disekresikan oleh folikel di ovarium. Berfungsi mengatur ciri
kelamin sekunder, mengatur siklus menstruasi, menstimulus Hipotalamus
mensekresikan GnRH sehingga hipotalamus mensekresikan LH dan FSH, memicu
foliferasi (penebalan endometrium

2)Progesteron dihasilkan oleh Korpus luteum di ovarium. Berfungsi proses penebalan
endometrium (dinding rahim) dan proses perkembangan janin

3) Folikel.  Berfungsi sebagai tempat pembentukan sel telur (oogenesis) dari oosit
primer sampai oosit sekunder, mensekresikan hormon estrogen

4)Perkembangan folikel menjadi korpus luteum sampai menjadi korpus albikam.
Korpus luteum mensekresikan hormon progesteron

b.
Terjadi proses penebalan endometrium (dinding rahim) yang disebabkan karena meningkatnya sekresi progesterone oleh korpus luteum

38. Seorang siswa SMA kelas XII merancang percobaan Pengaruh Pupuk Urea terhadap pertumbuhan biji kacang hijau pada media tanah, msing masing perlakuan di tanam 3 biji dengan perlakuandan hasil percobaan sebagai berikut :


Dari pernyaaan dan tabel di atas, tentukan :
a. Variabel bebas dalam percobaan tersebut
b. Variabel terikat dalam percobaan tersebut
c. Kesimpulan dari percoban tersebut
Jawaban:
a. Variabel bebas : jumlah pupuk dalam gram
b. Variabel terikat : tinggi tanaman kacang hijau dalam cm
c. Kesimpulan : Jumlah pupuk mempengaruhi pertumbuhan biji kacang hijau, Jumlah pupuk 5 gr berpengaruh paling optimum pada pertumbuhan biji kacang hijau

39. Gunakan daftar Kodon berikut :

Apabila diketahui DNA yang melakukan transkripsi pada rantai aktifnya memiliki urutan basa-basa: TTG GGT SAT AGA TST TTT GGT TTG , Tentukan :
a. urutan basa-basa pada tRNA
b. urutan polipeptida yang terbentuk
c. diperlukan berapa macam tRNA dalam sintesa tersebut
Jawaban:
a. UUG GGU SAU AGA USU UUUGGU UUG
b. F-E-D-A-B-G-E-F

40. Andi menderita buta warna padahal bapak dan ibunya tampak normal. Apabila Andi menikah dengan wanita normal dan tidak memiliki keturunan buta warna,
a. buatlah peta silsilah keluarga Andi disertai dengan genotipnya!
b. jelaskan kemungkinan persentase anak-anak yang akan dilahirkan (perempuan/laki-laki)!

Jawaban:

a.






b. Genoptif individu 1=XCXc, 2=XCY, 3= XCY, 4=XCXC 5= XCY, 6= XCY, 7= XCXc ,8= XCXc